Permainan Tradisional

|
Permainan tradisional

Mengingat masa-masa kecil memang sangt berkesan sekali. Gimana tidak, waktu itu sering sekali pergi kluyuran bermain sama teman2. Ya ke sungai lah, sawah lah atau juga ke gunung. Tapi yang tak kalah asyiknya ketika main suatu permainan bareng teman2. Sekarang dah jarang sekali mungkin yang memainkannya. Sekarang anak kecil dah pada punya mainannya sendiri. So main sendiri2 deh dirumah. Padahal banyak banget manfaat yang dapat diperoleh dari bermain bersama-sama. Terutama dapat meningkatkan kepekaan sosial.

Kalau diingat2 banyak banget permainan semasa kecil dulu pernah ku mainkan. Namanya pun aneh2 gak tau darimana itu nama berasal. Pengen si aku telusuri, kaya peneliti gitu dah. Peneliti gadungan, eh peneliti tiwul deng..hehe..

Yuk kita cari bareng2, tapi disini aku menuliskan permainan asli jawa khususnya di desaku..hehe..

1. Srintilan

Waduh, permainan apaan tuh?! Mungkin permainan ini ada di tempat lain, dengan nama yang beda pastinya. Kalau gambarannya sih gini, permainan ini dimainkan rame2 di tanah yang lapang, nanti ada yang jaga satu. Alatnya yaitu cuma menggunakan sebuah bola tenis. Jadi nanti ada yang mukul pakai tangan tuh bola, terus si penjaga berusaha menangkapnya, kalau ketangkap tuh bola maka secepat mungkin melemparkannya ke salah seorang yang sedang berlari menuju tempat singgah. Pokoknya mirip kasti, bedanya cuma gak ada regu2nya.

2. Tuk tuk tuk

Permainan apa lagi nih?? Ngetuk pintu apa? Eitz! Jangan salah sob. Permainan ini simple. Permainan ini hanya berdiri dan berjalan dengan satu kaki, istilahnya ingklik, tapi harus pegangan pada pohon atau dinding rumah. Nanti kalau ada yang sedang lepas atau pidah dari pegangannya, maka yang jaga secepat mungkin menyentuhnya. Peraturan dalam permainan ini cuma gak boleh kedua kaki nyentuh tanah, meski sebentar saja. Sebelum dimulai permainan ini biasanya sih melakukan pengundian dulu, yaitu tiap orang tangan satunya mengenggam seperti palu dan semua peseta berdiri melingkar. Nanti salah seorang akan memukul pelan tangan tiap orang sambil berkata “ tuk tuk tuk sepatu gethuk andri lungo”. Setiap satu suku kata, misal “tuk” itu satu pukulan ke salah seorang tangan yang menggenggam tadi. Nah, nanti yang pas menerima kata “ngo” maka dia selamat dari jaga. Hal ini dilakukan sampai kepilih siapa yang tidak dapat nanti. Jadi nanti yang terakhir tinggal 2 orang yg diundi..Hehe,,, gitu deh kira2 permainannya.

3. Ring sepiring

Widihh...banyak bener tuh cincin sepiring. Bukan bahasa inggris itu sob. Nama aslinya aku kurang tahu. Permainan ini perlu menggunakan ingatan dan kekuatan. Gambaran permainan ini yaitu masing2 orang nanti mengganti nama tokoh yang cukup terkenal, misalnya supermen. Cara pemilihan nama pun hampir sama dengan permainan tuk tuk tuk, bedanya dikalimat dalam proses pemilihannya dan juga posisi tangannya yang menengadah seperti minta2. Dalam permainan ini menggunakan kalimat “ring sepiring rak seperak dua perak apa nama yang harus dijawab dengan cepat jangan sampai terlambat”. Nah, nanti orang yang dapat kata terakhir, yaitu “bat” segera menyebut permintaanya. Misalnya minta permen, maka nanti jadi supermen. Tapi belum tentu yang minta tersebut yang dapat nama supermen, karena harus diundi lagi dengan kalimat, misal nama orang yang minta tadi Bolot maka kalimatnya ”mas Bolot minta permen lama-lama menjadi supermen”. Nah, baru deh yang dapat kata”men” maka dia yang dapat nama supermen. Hal ini terus dilakukan sampai sisa 1 orang yang gak dapat nama. Jadi nanti dia yang menjadi pemburu.

Setelah didapat orang yang gak dapat nama maka yang sudah dapat nama tadi segera menghindar dari yang jaga untuk disentuh. Cara bertahannya bila hampir kesentuh yaitu sesegera mungkin jongkok atau matung. Saat matung gak boleh bergerak dan kelihatan giginya kerena nanti dia akan menjadi kawan yg jaga untuk ikut memburu.

Untuk menggerakkan kembali teman yang sedang matung cukup dengan menyentuhnya, yang nyentuh tentunya yang bukan jaga. Yang harus diingat juga, jangan sampai pada matung atau jongkok semua. Nanti kalau matung semua maka yang matung terakhir menjadi kawan yang jaga dan ikut memburu. Jadi nanti pemburunya makin banyak deh dan yang diburu habis.

4. Sudamanda

Permainan ini sih ditiap daerah hampir ada semua. Sudamanda ini juga disebut dengan engklek. Mungkin hanya sedikit beda pada aturan dan namanya. Permainan ini cukup sederhana, hanya menggunakan ubin ukuran kurang lebih 1x1 meter sebanyak 8 buah dan pecahan genteng/ batu/apa yang bentuknya pipih. Tapi yang populer yang ada setengah lingkarannya dibagian atas seperti gambar ini.


5. Egrang

Nah, kalau permainan ini semua pada tahu lah pastinya. Itu loh yang berjalan pakai tongkat bambu. Bermain egrang ini dibutuhkan keseimbangan supaya gak jatuh saat berjalan. Kalau mau main pakai bambu yang kuat ya. Nanti kalau tidak, bisa2 bambunya patah saat dipakai..hehe..


Nah, itu beberapa permainan yang baru bisa aku deskripsikan. Sebenarnya masih banyak sih. Tapi rumit mau jelasinnya. Bisa2 yang baca pada puyen deh..hehehe... ok sob, itu aja mungkin. Untuk yang lain bisa cari ditempat yang lain..hehe...

0 komentar:

Posting Komentar